Kamis, 17 Februari 2011

CIRI GURU IDEAL

Ciri guru ideal yang bagaimanakah yang harus dimiliki oleh setiap pendidik?
Guru adalah sosok manusia yang memiliki kelebihan dan kemampuan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran.Sosok guru merupakan hal terpenting bagi keberhasilan sistem pendidikan.

Di era global ini, idealnya guru harus terus belajar, kreatif mengembangkan diri dan potensinya, mengembangkan wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan kualitas pendidikannya.

Ciri guru ideal di era global sekarang ini adalah guru yang profesional dalam peranannya sebagai pendidik, pengajar,pelatih, inovator sekaligus sebagai motivator untuk mencerdaskan peserta didiknya.

Adapun ciri- ciri guru ideal menurut penulis antara lain sebagai berikut:
1. Pintar dan berwawasan luas.
2. Disiplin
3. Mampu menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi.
4. Berkepribadian yang mantap, stabil, dewasa,arif dan berwibawa menjadi teladan bagi peserta didik dan berahklak mulia.
5. Menjaga hubungan baik dan harmonis dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/ wali peserta didik dan masyarakat sekitar.
6. Berpenampilan sederhana, menarik, rapi, dan sopan.
7. Memandang bahwa pekerjaan mendidik, mengajar merupakan sesuatu yang menarik dan menantang serta merupakan tanggung jawab pribadi seorang pendidik.
8. Bersedia melayani peserta didik yang lamban dengan penuh kesabaran.
9. Bersikap realitis terhadap  peserta didik.

Dari uraian di atas,penulis berharap semoga uraian ini dapat menambah wawasan bagi pembaca, sekaligus dapat  menggugah hati dan pikiran pembaca terutama bagi seorang guru untuk bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan di dunia pendidikan.

2 komentar:

  1. Betul gan. Ciri-ciri yang agan sebutkan memang ciri guru yang ideal. Semoga ada guru yang baca dan bisa menjadi guru dengan ciri yang disebutkan diatas. Amin

    BalasHapus

Blog ini DOFOLLOW.Tuliskan komentar Anda, Anda akan mendapat backlink secara langsung.