Rabu, 18 Mei 2011

BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA

Penyalahgunaan narkoba sangat membahayakan kesehatan manusia, baik fisik maupun psikis ( kejiwaan). Pemakai narkoba dapat mengalami kerusakan organ tubuh dan menjadi sakit akibat adanya narkoba dalam darah, misalnya kerusakan paru-paru, ginjal, hati, otak, jantung, usus, dan sebagainya.

Bahaya penyalahgunaan narkoba dapat diuraikan sebagai berikut;
  1. Sakaw .Karena ketergantungan yang sudah cukup parah, bila pemakaian narkoba dihentikan, pecandu (pemakai) akan mengalami rasa sakit yang luar biasa atau sakaw. Sakaw ini akan mengakibatkan putus asa yang pada akhirnya membawa pecandu berbuat nekat yaitu bunuh diri.
  2. Kriminalitas. Bila tidak dapat menahan sakaw, pemakai narkoba pasti akan kembali memakai narkoba, selanjutnya setiap pasti akan berbuat apa saja untuk memperoleh narkoba. Kalau sudah sampai pada tahap ini pemakai yang kecanduan tersebut tidak segan-segan bertindak kriminal.
  3. Overdosis yang menyebabkan kematian. Pemakaian narkoba yang melebihi batas kemampuan daya tahan tubuh akan mengakibatkan kematian karena overdosis.
  4. Menularnya penyakit berbahaya seperti HIV/AIDS. Penggunaan alat seperti jarum suntik, untuk memakai narkoba sering menyebabkan terjadinya penularan penyakit berbahaya yang mematikan misalnya HIV/AIDS.
  5. Gangguan psikis dan mental. akibat penyalahgunaan narkoba adalah terjadinya kerusakan pada organ tubuh sehingga fungsi organ terganggu. Gangguan ini bisa menimbulkan tekanan kejiwaan (psikis) seperti perubahan sikap, sifat dan prilaku. Kebanyakan pecandu narkoba berubah sifatnya menjadi tertutup, egois tidak percaya diri, selalu ketakutan dan efek buruk lainnya.
Melihat begitu banyak bahaya yang ditimbulkan maka sebaiknya jauhi saja narkoba,  Katakan tidak untuk Narkoba.Untuk mengenal berbagai jenis Narkoba , Anda juga dapat membaca artikel Jenis- jenis narkoba.

0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini DOFOLLOW.Tuliskan komentar Anda, Anda akan mendapat backlink secara langsung.