Jumat, 20 Mei 2011

JENIS - JENIS PUISI BARU

Puisi adalah salah satu karya sastra yang bahasanya terikat oleh irama,matra,rima, serta penyusunan larik dan bait. Puisi dibuat sebagai hasil penghayatan atau refleksi seseorang terhadap kehidupannya. Melalui puisi, seseorang ingin mencurahkan segala isi hatinya. Isi hati tersebut tidak hanya berupa perasaan, tetapi juga pikiran, sikap, dan harapan penulis terhadap objek yang sedang dihayatinya.

Puisi tersusun atas dua unsur pokok yaitu isi dan bentuk. Isi atau tema mencerminkan suatu persoalan hidup yang hendak dihayati, dirasakan, dipikirkan, atau disikapi penulis. Adapun aspek bentuk berupa media pengungkapan isi yang terdiri dari diksi, gaya bahasa, rima, irama dan  pengimajian.

Puisi dapat dibedakan menjadi puisi lama dan puisi baru. Dalam  artikel ini penulis akan menguraikan tentang jenis -jenis puisi baru.
Jenis- jenis puisi baru berdasarkan isi / tujuannya dapat dibedakan menjadi :
1. Balada yaitu puisi yang berisi cerita atau kisah yang serius dan biasanya berakhir tragis.
2. Ode yaitu puisi yang berisi pujian atau sanjungan terhadap pahlawan, negara, atau masalah- masalah yang dianggap penting.
3. Hymne yaitu pujian yang bersifat suci, mengagungkan kebesaran Tuhan atau sesuatu yang dipersamakan dengan Tuhan karena mempunyai sifat yang mengagungkan.
4. Romansa yaitu puisi yang berisi ungkapan rasa cinta
5. Satire yaitu puisi yang berisi sindiran / kritikan terhadap sesuatu.

Moga artikel ini dapat menambah cakrawala pengetahuan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini DOFOLLOW.Tuliskan komentar Anda, Anda akan mendapat backlink secara langsung.