Selasa, 24 Mei 2011

METODE DALAM MENYAJIKAN KEGIATAN PRAMUKA

Agar latihan pramuka lebih menarik dan tidak menjemukan maka perlu variasi metode dalam menyajikan kegiatan pramuka. Dalam artikel ini akan diuraikan berbagai macam metode yang digunakan dalam menyajikan kegiatan untuk pramuka penggalang.

Metode dalam menyajikan kegiatan pramuka antara lain:
  1. Metode cerita. Agar peserta didik bersemangat melaksanakan kegiatan, maka kegiatan itu harus dibungkus dengan cerita. Cerita yang disajikan jangan terlalu fantastis ( khayal ) , cukup masuk akan, berkaitan dengan cerita rakyat dan kepahlawanan.
  2. Metode pemecahan masalah. Misalnya dengan pemberian surat sandi, teka-teki.
  3. Metode tak terduga ( Surprise ) Yaitu : memberi kegiatan yang tidak diberitahukan sebelumnya, misalnya pemberian hadiah ulang tahun, menguji kecakapan melalui permainan sehingga yang bersangkutan tidak tahu bahwa ia diuji.
  4. Metode lomba yakni sekali-kali mengadakan lomba antar peserta didik secara perorangan untuk menggairahkan peserta didik.
  5. Metode kerja kelompok yaitu memberi tugas kepada tiap regu yang diawasi oleh pembinanya.
  6. Metode bermain peran yaitu peserta didik diminta untuk memerankan suatu peran dalam atraksi api unggun.
  7. Metode pangkalan yaitu Menggunakan pos / pangkalan sebagai tempat untuk memberi latihan- latihan tentang beberapa hal sekaligus dalam waktu yang bersamaan.
  8. Metode belajar sambil melakukan yaitu peserta didik diberi latihan sekaligus  mempraktekannya. Misalnya tali temali, simaphor, LKBB dsb.
  9. Metode diskusi yaitu mengangkat suatu tema untuk dipecahkan bersama baik per regu ataupun satu pasukan dengan dipimpin oleh seorang pembina.
Moga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

1 komentar:

Blog ini DOFOLLOW.Tuliskan komentar Anda, Anda akan mendapat backlink secara langsung.