Jumat, 17 Juni 2011

BERBAGAI DEFINISI GLOBALISASI

Globalisasi berasal dari kata globe yang berarti "dunia", secara harfiah globalisasi bisa diartikan proses mendunia
Sering orang memandang globalisasi hanya sebagai fenomena ekonomi. Namun sebenarnya globalisasi merupakan fenomena yang dipengaruhi oleh faktor politik, ekonomi, sosial, budaya dan bidang-bidang kehidupan lainnya.
Untuk lebih memahami globalisasi berikut ini saya muat beberapa pengertian/definisi globalisasi:
1. Globalisasi adalah proses proses hubungan sosial dan saling ketergantungan antar negara dan antar manusia di dunia yang makin besar
2. Globalisasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubugan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer dan bentuk interaksi yang kain sehingga batas-batas suatu negara menjadi bias.
3. Globalisasi mengacu pada proses dimana perdagangan, informasi dan budaya semakin bergerak melintasi batas negara.
4. Globalisasi berarti meningkatnya ketergantungan ekonomi antara negara-negara di dunia yang ditandai oleh meningkat dan beragamnya volume transaksi barang dan jasa lintas negara dan penyebaran teknologi yang meluas dan cepat.
5. Globalisasi adalah proses dimana berbagai peristiwa, keputusan dan kegiatan di suatu belahan dunia dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu dan masyarakat di belahan dunia yang lain.
6. Globalisasi adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan perubahan-perubahan dalam masyarakat dan dalam perekonomian dunia yang dihasilkan oleh meningkatnya perdagangan dan pertukaran kebudayaan.

Dari berbagai defenisi di atas jelas bahwa globalisasi itu bersifat multidimensi. Proses globalisasi mengarahkan kita pada kenyataan bahwa kita semua hidup dalam satu dunia. Dalam dunia ini individu, kelompok, dan bangsa-bangsa saling ketergantungan.

0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini DOFOLLOW.Tuliskan komentar Anda, Anda akan mendapat backlink secara langsung.