Jumat, 10 Juni 2011

Cara Melatih Tanggung Jawab Anak Usia Penggalang

Penggalang adalah anggota gerakan pramuka yang berusia 11-14 tahun. Usia penggalang adalah usia memasuki taraf persiapan pemuda dan meninggalkan masa kanak-kanak.Dalam taraf perkembangan ini anak mulai dapat membedakan hal yang baik dan yang buruk. Anak juga mulai memilih nilai-nilai norma sosial yang cocok baginya.
Usia penggalang merindukan kebebasan dan akan merasa senang apabila diberi tanggung jawab yang diperlukan untuk memotivasi perkembangan mental rohaninya. Dalam artikel ini akan diuraikan tentang cara melatih tanggung jawab anak usia penggalang.

Cara melatih tanggung jawab anak usia penggalang antara lain:

1. Memberi kesempatan dengan menugaskan pada anak didik untuk memmimpin salah satu acara dalam latihan.
2. Menumbuhkan rasa tanggung jawab dengan memberi jabatan dalam regu atau Dewan Penggalang
3. Memberi salah satu proyek kegiatan yang diserahkan pengelolaannya kepada anak didik mulai dari perancangan, pelaksanaan dan evaluasi dengan tetap dibimbing oleh pembina. Misalnya perlombaan antar regu, kerja bakti, mengadakan perjalanan singkat.
4. Memberi tugas secara berkala yang berhubungan denga pihak luar, misalnya tugas membuat resumetentang kegiatan pariwisata.
5. Mengadakan kegiatan keagamaan menurut keyakinan masing-masing ditingkat Gugus Cepan, sehingga tidak melupakan tanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa.
6. Memberi tugas membuat laporan tentang kegiatan kepramukaan yang telah diikuti untuk ditunjukkan kepada orang tua sebagai latihan tanggung jawab kepada orang tua atau keluarga.
Dari beberapa cara melatih tanggung jawab anak usia penggalang tersebut bisa dikemas dalam kegiatan yang paling disenangi anak-anak, misalnya petualangan, hekking atau perlombaan yang memupuk prestasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini DOFOLLOW.Tuliskan komentar Anda, Anda akan mendapat backlink secara langsung.