Senin, 13 Juni 2011

JENIS DAN SIFAT JAHAT NARKOBA

Istilah Narkoba sering disalah artikan sebagai "narkotika dan obat-obatan berbahaya dan terlarang".Obat berbahaya dalam kedokteran adalah obat yang tidak boleh dijual bebas dan digunakan tidak sesuai resep dokter. Jenis obat berbahaya sangat banyak tetapi tisak selalu tergolong Narkoba.
Yang benar, Narkoba singkatan dari narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif lainnya. Berdasarkan farmakologi (ilmu tentang interaksi antara obat dan pengobatan) proses pembuatan narkoba dapat digolongkan menjadi beberapa jenis, antara lain:
1. Golongan narkotika, terdiri dari;
- Alam; ganja, hasis,dan opium
- Semisintesis; morfin, heroin dan kokain
- Sinstetis; metadon, petidin, natrexon
2. Golongan psikotropika, terdiri dari;
- Depresan/penenang/obat tidur; valium, rahipnol, dan magadon
- Stimulan/perangsang otak; amptamin, extasi dan shabu-shabu
3. Golongan Adiktif, seperti rokok, alkohol, thinner, bensin, lem dan spritus.

Beberapa sifat jahat narkoba anatara lain;
1. Habitual
Habitual adalah sifat narkoba yang membuat pemakainya selalu teringat untuk mencarinya dengan segala upaya. Karena itulah si pecandu sulit melepaskan diri dari ketergantungan pada narkoba. Sifat ini mendorong pemakai mencari narkoba dalam jumlah banyak agar tidak kehabisan.
2. Adiktif
Adiktif yaitu sifat narkoba yang mengakibatkan pemakainya terpaksa terus menggunakan narkoba. Bila dihentikan akan timbul efek putus zat yaitu perasaan sakit luar biasa atau sakaw.
3. Toleran
Toleran adalah sifat narkoba yang membuat tubuh pemakainya semakin menyatu dan menyesuaikan diri dengan narkoba itu, sehinga menuntuk dosis yang makin tinggi. bila dosisnya tidak dinaikkan reaksinya tidak terasa, tetapi membuat pemakainya semakin mengalami sakaw. Untuk memperoleh efek yang sama dengan masa sebelumnya maka dosis harus dinaikkan. Bila kenaikan itu telah melebihi kemampuan toleransi tubuh maka terjadilah efek sakit yang luar biasa dan mematikan. Kondisi seperti ini disebut "over dosis"
Dari uraian di atas jelas bahwa narkoba sangat berbahaya untuk dikonsumsi, karena itu katakan tidak untuk Narkoba.

0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini DOFOLLOW.Tuliskan komentar Anda, Anda akan mendapat backlink secara langsung.