Jumat, 24 Juni 2011

TIPS MENGHINDARI DIRI DARI NARKOBA

Pada artikel terdahulu telah diuraikan tentang arti narkoba, jenis- jenis narkoba, sifat jahat narkoba dan akibat penyalahgunaan narkoba.Dalam artikel ini penulis akan menguraikan tentang tips menghindari diri dari narkoba

Kita tahu bahwa bahaya narkoba bukan saja menggerogoti seluruh tubuh, tetapi juga menggerus kekuatan mental, mengikis ketahanan moral, dan juga merusak keimanan kita.

Siapa pun yang pernah merasakan kenikmatan narkoba pasti akan ketagihan dan kecanduan. Bagi seorang pecandu narkoba bila sehari saja tidak memakai narkoba maka timbul stres, tubuh lemas,tidak bisa berpikir dengan baik, bahkan menjadi depresi. Dalam keadaan stres dan depresi, pecandu narkoba bisa saja melakukan tindakan atau perbuatan yang memalukan dan bertindak kriminal seperti menipu, berbohong, mencuri, merampok, dan bahkan membunuh. Oleh karena dampak negatif yang sangat berbahaya itulah maka kita harus menghindari diri dari narkoba.

Berikut ini tips menghindari diri dari narkoba :
1. Hindari dan jauhi merokok
Rokok adalah pintu gerbang menuju narkoba. Lewat rokok, seorang pecandu narkoba mengawali langkahnya dan masuk ke dalam dunia yang menjerumuskannya. Maka dari itu, agar tidak menjadi pecandu narkoba sebaiknya tidak menjadi seorang perokok.
2. Pilihlah lingkungan pergaulan yang sehat.
Lingkungan pergaulan adalah tempat kita berkembang menjadi manusia yang lebih sempurna dan matang, tempat mengembangkan bakat, dan membangun hubungan sosial yang sehat. Tetapi lewat pergaulan dengan teman yang bermental tidak baik maka bisa saja terjebak dalam penyalahgunaan narkoba. Maka dari itu, perlu berhati- hati memilih teman bergaul sehari- hari.
3. Menjalin hubungan dan komunikasi yang baik dengan keluarga
Keluarga adalah tempat komunikasi dan bercerita tentang berbagai masalah, kesulitan, dan kebahagiaan yang kita alami. Dalam keluarga,kita saling berbagi pengalaman, harapan, dan dukungan. Jadi bila kita mengalami kesulitan, tertekan dengan beban masalah hidup khususnya berkaitan dengan narkoba kita bisa menceritakan hal tersebut dengan anggota keluarga.

Moga artikel ini menambah cakrawala pengetahuan Anda. Jangan lupa Hindari dan jauhi narkoba!

0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini DOFOLLOW.Tuliskan komentar Anda, Anda akan mendapat backlink secara langsung.