Senin, 29 Agustus 2011

MANFAAT BUAH PIR

Pir, Apakah Anda suka dengan buah ini? Tak salah jika Anda menyukai buah ini karena buah pir banyak manfaatnya.
Sebelum diuraiakan tentang kandungan dan manfaat buah pir. simak dulu  seperti apa sih buah pir itu?
Buah pir tergolong ke dalam genus Pyrus, adalah sejenis tanaman yang tumbuh di berbagai tempat di dunia, dari daerah pantai hingga daerah beriklim sedang, dari Eropa barat hingga Afrika utara dan Asia.Pohon berketinggian sedang, bisa mencapai 10- 17 meter, tapi ada yang  pendek dan berdaun rimbun. Daun berselang seling, berbentuk lonjong yang lebar tapi bisa juga berbentuk membujur panjang ( lanceolate) Yang langsing. Panjangnya antara 2- 12 cm. Pada sebagian spesies, daun berwarna mengkilat atau sedikit berbulu berwarna keperakan.Terdapat 30 spesies buah pir , diantaranya adalah Pyrus communis, Pyrus nivalis, dan Pyrus salicifolia.

Buah pir hampir sama dengan buah apel. Pir dan apel merupakan kedua tanaman yang berkerabat,  sehingga beberapa spesies buah ini kadangkala sukar dibedakan. Namun sebenarnya keduanya dapat dibedakan dengan mudah. Daging buah pir memiliki sel batu, sedangkan apel tidak. Bila buah apel dapat mengapung di air, maka buah pir akan tenggelam.

Kandungan  dan manfaat buah pir
Dari segi kesehatan, buah pir merupakan sumber serat dan vitamin C yang baik. Selain itu, buah pir juga mengandung kalium, kalsium, vitamin A, gula, serta protein. Serat yang terkandung dalam buah pir merupakan serat tak larut, hal ini berarti pir memiliki khasiat yang baik sebagai obat laksansia/pencahar. Sel-sel batu yang terdapat pada daging buah pir mampu mengurangi polip di usus besar, sehingga mengurangi risiko terjadinya kanker usus besar. Kebanyakan kandungan vitamin C dan serat pir terdapat pada kulit buahnya

Selain buah pir bermanfaat mengurangi radang/inflamasi pada membran mukosa, kolitis, kelainan kandung empedu, arthritis, serta gout, menurunkan kadar kolesterol, Kandungan serat yang tinggi menjadikan buah pir sangat baik bagi penderita diabetes, dan mengatasi sembelit. 
Buah pir yang belum matang jika dimakan bisa memudahkan buang air besar. Sedangkan buah pir yang sudah masak mempunyai efek diuretik dan ada kemungkinan membuat orang mengantuk.

Ternyata banyak manfaat buah pir, untuk itu pilihlah buah pir untuk dikonsumsi tiap hari agar Anda memperoleh manfaatnya! Tapi kalau makan jangan terlalu banyak, bisa bikin perut kembung lho.

1 komentar:

Blog ini DOFOLLOW.Tuliskan komentar Anda, Anda akan mendapat backlink secara langsung.