Minggu, 21 Agustus 2011

MANFAAT PISANG


Apakah  Pisang merupakan salah satu buah favorit Anda. Nggak salah jika Anda menyukai buah pisang. Karena buah ini banyak manfaatnya bagi tubuh kita. 
Manfaat pisang bagi kesehatan kita sangatlah banyak, namun tidak sedikit diantara kita yang belum mengetahui apa saja manfaat pisang untuk kesehatan. Sebelum menguraikan manfaat pisang lebih detail , penulis akan menguraikan kandungan gizi buah pisang.
Manfaat pisang tidak terlepas dari kandungan gizi pisang yang meliputi:
  • lemak 0,2 gram  
  • protein 1,2 gram
  • kerbohidrat 25,8 gram
  • serat 0,7 gram
  • besi 0,5 gram
  • fosfor 28 gram
  • kalsium 8mg
  • vitamin C 3 mg
  • vitamin B 0,08 mg
  • vitamin A 44 RE
Sebagai buah kandungan gizi pisang sangat bagus. selain kandungan gizi di atas pisang tentu juga mengandung zat zat lain yang bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat pisang antara lain sebagai berikut :

Manfaat untuk ibu hamil :
Pisang juga di sarankan untuk di konsumsi para wanita hamil karena mengandung asam  folat, yang mudah di serap janin melalui rahim. Tapi, jangan terlaluberlebihan, sebab1 buah  pisang  mengandung  sekitar 85-100 kalori.

Manfaat bagi penderita anemia :
Dua buah pisang di makan oleh pasien anemia setiap hari sudah cukup,karena  mengandung  fe (zat besi) tinggi.

Manfaat bagi penyakit perut dan usus :
Pisang yang di campur susu cair ( di masukkan ke dalam segelas susu cair )dapat di hidangkan sebagai obat  penyakit usus. juga dapat direkomendasikan untuk pasien penyakit perut dan cholik untuk menetralkan keasaman lambung.  Bahkan krim pisang (seperti untuk makanan bayi) dapat dikonsumsi untuk pasien yang menderita diare.

Manfaat bagi penderita liver :
Penderita penyakit liver sebaiknya mengkonsumsi pisang 2 buah  ditambah 1 sendok madu, akan menambah nafsu makan menjadi kuat.

Manfaat bagi luka bakar :
Daun pisang dapat digunakan untuk pengobatan kulit yang terbakar dengan caradioles, campuran abu pisang ditambah minyak kelapa mempunyai pengaruh mendinginkan kulit.

Manfaat bagi diabetes:
Pada masyarakat gorontalo,sulawesi utara,jensi pisang goroho (pisang khas daerah setempat), merupakan makanan tambahan atau pokok bagi orang yang menderita gula/diabetes melitus, terutama buah pisang goroho yang belum matang, kemudian di kukus dan di campur kelapa parut muda.

Pisang dan kecantikan :
Bubur pisang di campur dengan sedikit susu atau madu, dioleskan ke wajah setiap hari secara teratur selama 30-40 menit.  Basuh dengan air hangat kemudian bilas dengan air dingin /es.  Diulang selama 15 hari,akan menghasilkan pengaruh yangmenakjubkan pada kulit.

Pisang untuk mengatur berat badan :
Pisang juga mempunyai peranan dalam berat badan seperti juga untuk menaikkan berat badan. Telah terbukti seseorang telah kehilangan berat badan dengan berdiet 4 buah pisang dan 4 gelas susu non fat atau susu cair per hari sedikitnya 3 hari  dalam seminggu, jumlah kalori hanya1250 dan menu tersebut cukup menyehatkan tubuh.

Jika Anda rajin mengkonsumsi pisang, menjadikan pisang sebagai cemilan sehari hari maka Anda akan mendapatkan manfaat buah pisang yang sangat banyak.

2 komentar:

  1. Pisang rupanya banyak juga manfaatnya, buat ane makin suka ja itu pisang, trims bagi2 ilmunya.

    BalasHapus

Blog ini DOFOLLOW.Tuliskan komentar Anda, Anda akan mendapat backlink secara langsung.