Rabu, 24 Agustus 2011

NANAS DAPAT MELANGSINGKAN TUBUH

Nanas, siapa yang tak kenal dengan buah ini?
Nanas merupakan buah yang bisa melangsingkan tubuh  dan mencegah stress.


Nanas, nenas, atau ananas (Ananas comosus (L.) Merr.) adalah sejenis  tumbuhan tropis yang berasal dari brazil, bolivia dan  Paraguay. Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae). Perawakan ( habitus ) tumbuhannya rendah, herbal     (menahun) dengan 30 atau lebih daun  yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal. Buahnya dalam bahasa Inggris  disebut sebagai pineapple karena bentuknya yang seperti pohon pinus. Nama 'nanas' berasal dari sebutan orang Tupi untuk buah ini: anana, yang bermakna "buah yang sangat baik". Burung penghisap madu (hummingbird) merupakan penyerbuk alamiah dari buah ini, meskipun berbagai serangga juga memiliki peran yang sama.

Buah yang merupakan tempat tinggal Spongebob Squarepants ini ternyata memiliki serentetan manfaat. Mulai dari seratnya yang banyak manfaat, hingga kandungan zat dalam nanas  dapat melangsingkan tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat buah nanas :

Menghambat pertumbuhan sel kanker
Nanas merupakan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin dan berfungsi sebagai tanaman obat. Mulai dari vitamin A, vitamin C, kalsium, magnesium, natrium, kalium, fosfor, dekstrosa, sukrosa dan enzim bromelain. Enzim bromelain dalam nanas berkhasiat untuk antiradang, membantu pencernaan di lambung, menghambat pertumbuhan sel kanker dan mencegah penggumpalan darah.

Obat sembelit
Kandungan serat dalam nanas terbilang tinggi dan cocok sebagai obat untuk sembelit sehingga nanas dapat menjadi obat  bagi mereka yang sulit buang air besar.

Penyerap obat ke dalam tubuh
Nanas juga baik dikonsumsi saat sedang sakit karena dalam nanas terkandung zat-zat yang dapat membantu menyerap obat ke dalam tubuh.

Nanas juga dapat mengangkat sel kulit mati.
Salah satu contohnya adalah enzim dalam daun dan buah nanas dapat mengangkat jaringan kulit yang mati akibat luka bakar. Caranya adalah dengan menumbuk beberapa helai daun nanas yang telah dicuci bersih, kemudian dibalurkan pada bagian kulit yang iritasi karena gatal, bisul, atau luka bakar. Radang tenggorokan, perut kembung, radang kulit hingga memar dapat dibantu penyembuhannya dengan buah nanas.

Melangsingkan Tubuh
Selain yang telah disebutkan di atas, ternyata nanas dapat membantu melangsingkan tubuh. Mudah saja, dengan meminum air sari nanas, dipercaya dapat menurunkan berat badan dan tentunya tubuh menjadi lebih langsing. Caranya yaitu dengan membuat jus atau memarut nanas dan peras airnya. Agar air sari nanas didapatkan secara maksimal, peras dengan menggunakan potongan kain bersih. Minum air sari nanas dua kali sehari, niscaya dapat melangsingkan tubuh.

Sumber antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari serangan  kanker, jantung koroner, dan penuaan diri
Sebagai salah satu famili Bromeliaceae, buah nanas mengandung vitamin C dan vitamin A (retinol) masing-masing sebesar 24,0 miligram dan 39 miligram dalam setiap 100 gram bahan (Tabel 1). Kedua vitamin sudah lama dikenal memiliki aktivitas sebagai antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit, termasuk kanker, jantung koroner dan penuaan diri.


Mencegah stres
Wen dan Wrolstad dari Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan, Oregon State University (2002) melaporkan sari buah nanas memiliki kandungan serotonin sekitar 1,7 miligram-3,15 miligram/100 gram. Serotonin, selain berperan mencegah kanker juga dapat menghalau stres sebab secara filogenetik adalah suatu neurotransmitter primitif yang berperan dalam menghubungkan makanan dan otak.
Selain kecukupan harian vitamin C sekitar 60 miligram terpenuhi, tubuh yang sudah didakwa mengalami stres berat juga dapat normal kembali dan sekaligus dapat menurunkan kadar kolesterol darah sebesar 10 persen. 

Nanas memiliki Efek Samping

Walaupun nanas memiliki banyak manfaat, ternyata ada juga efek samping yang ditimbulkan oleh nanas apabila mengkonsumsi buah tersebut secara berlebihan.
  1. Dapat menggugurkan kandungan. Ada mitos yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi nanas muda dapat menyebabkan gugurnya kandungan. Beberapa penelitian mengatakan nanas muda berpotensi sebagai obat penggugur kandungan. Oleh karena itu disarankan kepada ibu-ibu hamil untuk tidak mengkonsumsi nanas muda.
  2. Meningkatkan kadar gula darah. Buah nanas yang telah masak ternyata mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Para penderita diabetes sebaiknya tidak mengkonsumsi nanas secara berlebihan.
  3. Menimbulkan rematik. Menurut beberapa penelitian, di dalam proses pencernaan, buah nanas mengalami fermentasi menjadi alkohol yang dapat memicu rematik. Untuk penderita rematik dan radang sendiri sebaiknya membatasi konsumsi nanas. 
Begitu  banyak manfaat buah nanas, untuk itu pilihlah buah nanas untuk melangsingkan tubuh Anda.
Rajinlah  mengonsumsi buah nanas, karena nanas dapat menjadikan tubuh  Anda awet muda dan terhindar    dari penyakit yang terkait dengan penuaan dini seperti stres, kanker, dan jantung koroner.

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Blog ini DOFOLLOW.Tuliskan komentar Anda, Anda akan mendapat backlink secara langsung.