Kamis, 11 Agustus 2011

TIP MENGHADAPI ANAK YANG TERLIBAT PENYALAHGUNAAN NARKOBA

Dalam artikel ini akan diuraikan tentang tip menghadapi anak yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

Terjadinya perubahan gaya hidup di era globalisasi ini, bisa mengakibatkan banyak remaja yang tidak mampu menghindari diri dari hal- hal baru yang justru akan membawa dirinya dalam jurang kehancuran. Salah satunya adalah penyalahgunaan narkoba.

Selain itu faktor lingkungan pergaulan juga dapat memicu remaja untuk melakukan penyalahgunaan narkoba.Apabila hal ini terjadi, tentu akan menjadi kerikil tajam dan masalah besar  bagi orang tua, masyarakat, bahkan negara.Lalu bagaimana sikap orang tua jika mengetahui anaknya melakukan penyalahgunaan narkoba? Simak Tip berikut ini !

Tip menghadapi anak yang terlibat penyalahgunaan narkoba sebagai berikut :
1. Berusaha tenang
Kendalikan emosi, marah, tersinggung atau rasa bersalah tidak ada gunanya.
2. Jangan tunda masalah
Hadapi kenyataan, adakan dialog terbuka dengan anak. Apa yang telah diketahui, jangan menuduh anak pada saat anak berada dalam pengaruh narkoba
3. Dengarkan anak
Beri dorongan non verbal. Jangan memberi ceramah atau nasehat. Jangan rendahkan harga dirinya agar anak merasa aman dan nyaman berbicara dengan Anda
4. Hargai kejujuran
Bila anak sudah mengakui menggunakan narkoba, jangan menampilkan reaksi marah. Orang tua perlu bersyukur bahwa anaknya sudah mau bersikap jujur.
5. Jujur terhadap diri sendiri
Berikan contoh sikap jujur dan terbuka dengan mengakui kelemahan dan kesalahan orang tua. Jangan merasa benar sendiri. Saling memaafkan untuk kesalahan sikap, kata- kata, dan perbuatan dimasa lalu yang menyakitkan
6. Tingkatkan hubungan dalam keluarga
Selesaikan konflik yang ada dalam keluarga. Rencanakan membuat kegiatan bersama - sama dengan keluarga.
7. Cari pertolongan
Jika sulit mengendalikan emosi dan menghadapi masalah, mintalah bantuan kepada pihak ketiga atau tenaga profesi, puskesmas, rehabilitasi, dengan atau tanpa seizin anak.
8. Pendekatan kepada orang tua teman anak pemakai narkoba.
Kunjungi orang tua teman anak yang menggunakan narkoba. Ungkapkan dengan hati- hati dan bijaksana apa yang anda ketahui, ajak kerjasama menghadapi masalah tersebut.

Moga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini DOFOLLOW.Tuliskan komentar Anda, Anda akan mendapat backlink secara langsung.