Selasa, 06 September 2011

BENGKOANG BISA MENGATASI WASIR


Bengkuang atau bengkoang (Pachyrhizus erosus) dikenal dari umbi (cormus) putihnya yang bisa dimakan sebagai  rujak dan asinan atau dijadikan masker untuk menyegarkan wajah dan memutihkan kulit. Selain itu salah satu khasiat bengkoang bisa mengatasi wasir

Tumbuhan yang berasal dari Amerika tropis ini termasuk dalam suku polong-polongan atau Fabaceae. Di tempat asalnya, tumbuhan ini dikenal sebagai xicama atau jícama. Orang Jawa menyebutnya sebagai besusu

Bengkuang merupakan liana tahunan yang dapat mencapai panjang 4-5m , sedangkan akarnya dapat mencapai 2m. Batangnya menjalar dan membelit, dengan rambut-rambut halus yang mengarah ke bawah.
Daun majemuk menyirip beranak daun 3; bertangkai 8,5-16 cm; anak daun bundar telur melebar, dengan ujung runcing dan bergigi besar, berambut di kedua belah sisinya; anak daun ujung paling besar, bentuk belah ketupat, 7-21 × 6-20 cm.

Bunga berkumpul dalam tandan di ujung atau di ketiak daun, sendiri atau berkelompok 2-4 tandan, panjang hingga 60cm, berambut coklat. Tabung kelopak bentuk lonceng , kecoklatan, panjang sekitar 0,5 cm, bertaju hingga 0,5 cm. Mahkota putih ungu kebiru-biruan, gundul, panjang lk. 2 cm. Tangkai sari pipih, dengan ujung sedikit menggulung; kepala putik bentuk bola, di bawah ujung tangkai putik, tangkai putik di bawah kepala putik berjanggut. Buah polong bentuk garis, pipih, panjang 8-13 cm, berambut, berbiji 4-9 butir.

Bengkoang memiliki sifat kimiawi dan fermakologis yang manis, dingin, sejuk, sehingga memiliki khasiat mendinginkan kulit. Kandungan antiseptik dalam bengkoang mampu mengatasi gatal-gatal di kulit, selain itu lulur bengkoang juga mengencangkan kulit sehingga kekenyalannya dapat terjaga.

Kandungan kimia bengkoang adalah pachyrhizon, rotenon, vitamin B1 dan C. Campuran jeruk nipis dalam lulur bengkoang menyegarkan kulit, dan olive oil nya melembabkan(Pachyrrhizus erosus) dikenal baik oleh masyarakat kita. Umbi tanaman bengkoang biasa dimanfaatkan sebagai buah atau bagian dari beberapa jenis masakan. Umbi tersebut bisa dimakan segar, dibuat rujak, ataupun asinan. Bengkoang ternyata memiliki khasiat sebagai obat. Kegunaan bengkoang antara lain untuk mengatasi wasir, penyakit kulit, diabetes, demam, eksim, dan sariawan

Berikut ini akan diuraikan tentang cara dan kasiat bengkoang :

Khasiat bengkoang 
  • Mengatasi penyakit kulit. Biji bengkuang dan belerang (masing-masing secukupnya) dihaluskan lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit. 
  • Mengatasi wasir. satu buah bengkuang dijus lalu diminum tiap bangun tidur pagi. 
  • Jika mengidap diabetes, satu atau dua bengkuang diparut lalu disaring dan diminum setiap pagi dan malam hari.
  • Sebagai obat demam. umbi bengkuang dikupas kulitnya lalu dibuat manisan dan dimakan.
  • Mengatasi eksim. umbi bengkuang dikupas kulitnya dan dimakan secara langsung. Lakukan secara rutin empat kali seminggu.
Bengkoang bisa dipakai untuk lulur. Lulur bengkoang berkhasiat untuk mencerahkan warna kulit sehingga tampak lebih putih/terang. Dengan lulur Bengkoang seluruh kulit mati akan terangkat bersama – sama dengan lulur bengkoang ini.
Moga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini DOFOLLOW.Tuliskan komentar Anda, Anda akan mendapat backlink secara langsung.