Minggu, 25 September 2011

CARA MENDETEKSI KANKER

Tahukah Anda bagaimana cara mendeteksi kanker?
Kanker merupakan  salah satu penyakit  pembunuh yang paling ditakuti manusia. Hingga saat ini belum ada obat yang ampuh untuk menyembuhkan penyakit  kanker.  Penyakit kanker ini  sulit diketahui bila terletak di di dalam tubuh manusia.  Bila pada akhirnya ditemukan, biasanya penyakit ini sudah memasuki stadium lanjut. Sehingga tindakan medis yang dilakukan bisa dikatakan  telah terlambat. Inilah yang menjadi penyebab kanker menjadi penyakit dengan angka kematian yang tinggi bagi penderitanya.
Ada baiknya bila kita mengetahui ciri- ciri kanker atau mendeteksi kanker sejak dini.
Ada beberapa ciri yang dapat kita jadikan panduan untuk mengenali hadirnya penyakit kanker :
  1.  Nyeri dapat terjadi akibat tumor yang meluas menekan syaraf dan pembuluh darah di sekitarnya, reaksi kekebalan dan peradangan terhadap kanker yang sedang tumbuh atau bisa juga disebabkan karena ketakutan dan kecemasan
  2.  Perubahan kebiasaan buang air besar 
  3.  Pendarahan atau mengeluarkan ‘cairan yang tidak wajar, misalnya ludah, batuk berdarah, mimisan terus- menerus, cairan putting susu berdarah,  cairan liang senggama berdarah dan sebagainya.
  4. Terdapat benjolan pada payudara
  5.  Penurunan berat badan dengan cepat akibat kurang lemak dan protein ( kaheksia)
  6.  Gangguan pencernaan, misalnya sukar menelan yang dialami secara terus- menerus.
  7.   Luka yang tidak  kunjung sembuh.
  8.   Perubahan tahi lalat atau kulit yang mencolok.
  9.  Tuli, atau adanya suara- suara dalam telinga yang menetap.
Agar tidak terlambat, setiap  orang yang berpotensi terkena kanker sebaiknya melakukan deteksi penyakit kanker sejak dini. Cara mendeteksi kanker sejak dini antara lain:
  1.  Menggunakan Digital infrared Imaging atau pencitraan inframerah Digital (PID). Teknik ini untuk memonitor keehatan payudara dan leher rahim pada wanita terhadap adanya proses prakanker. Prinsip kerja PID adalah bahwa benda pada temperature tertentu akan memancarkan radiasi gelombang elektromagnetik dari permukaan yang tidak kasat mata, di mana intensitas maksimum terjadi pada panjang gelombang daerah sinar inframerah. Aktivitas kimia dan aktivitas pembuluh darah di dalam jaringan sekitar prakanker yang sedang tumbuh selalu lebih tinggi dari jaringan normal.
  2. Tes penyaringan yang dilakukan di rumah. Misalnya memeriksa payudara sendiri setiap bulan sekali.
  3.  Memeriksa buah  zakar dapat membantu pria mendeteksi kanker sejak dini sehingga dapat disembuhkan bila ditemukan pada stadium awal.
  4.  Memeriksa secara teratur adanya luka terbuka di mulut yang tidak sembuh – sembuh untuk mendeteksi kanker mulut pada stadium awal.
Bagi Anda yang menemukan ciri – ciri kanker tersebut, segeralah  hubungi dokter atau rumah sakit  untuk melakukan  pendekteksian.

0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini DOFOLLOW.Tuliskan komentar Anda, Anda akan mendapat backlink secara langsung.