Kamis, 29 September 2011

FAKTOR PENYEBAB KANKER

Faktor Penyebab kanker tidak dapat diketahui secara pasti, karena kanker bisa disebabkan oleh gabungan dari sekumpulan faktor genetik dan lingkungan. Faktor  lingkungan yang biasanya mengarah  pada kematian akibat kanker adalah Tembakau (25-30%), diet  dan obesitas (30-35%),infeksi (15-20%), radiasi, stress,kurangnya aktivitas fisik,polutan lingkungan.
Dalam ilmu kedokteran, segala hal yang dapat memicu munculnya kanker disebut dengan karsinogen. Karsinogen ini bisa berupa bahan kimia yang diproduksi oleh manusia, juga bisa berupa polusi, dan radiasi ultra violet.
Berikut ini beberapa faktor penyebab kanker :
  1. Faktor keturunan. Faktor genetik menyebabkan beberapa keluarga memiliki risiko lebih tinggi untuk menderita kanker tertentu bila dibandingkan dengan keluarga lainnya. Jenis kanker yang cenderung diturunkan dalam keluarga adalah kanker payudara, kanker indung telur, kanker kulit, dan kanker usus besar.
  2. Faktor lingkungan. Faktor lingkungan seperti  sinar ultraviolet dari matahari,merokok sigaret meningkatkan risiko terjadinya kanker paru- paru, mulut,laring ( pita suara) dan kandung kemih dan radiasi ionisasi ( yang merupakan karsinogenik) digunakan dalam sinar rontgen dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga nuklir dan ledakan bom atom bisa memicu terjadinya kanker sel darah seperti leukemia.
  3. Faktor Makanan yang mengandung zat kimia. Factor makanan dapat menyebabkan kanker pencernaan.Jenis makanan yang dapat menyebabkan kanker adalah Makanan yang diasap dan diasamkan seperti acar dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker lambung, minuman yang mengandung alkohol menyebabkan risiko kanker kerongkongan, dan  zat pewarna makanan . 
  4. Virus. Virus yang diduga menyebabkan kanker yaitu Virus papilloma menyebabkan kutil alat kelamin,dan kanker leher rahim bagi wanita, virus sitomegalo menyebabkan sarcoma Kaposi ( kanker system pembuluh darah yang ditandai oleh lesi kulit berwarna merah), virus hepatitis B dan hepatitis C dapat menyebabkan kanker hati, virus Retro pada manusia seperti virus HIV menyebabkan limfoma dan kanker darah , Virus Epstein- Bar menyebabkan limfoma Burkitt.
  5. Infeksi. Infeksi yang disebabkan parasit Schistosoma (bilharzia) dapat menyebabkan kanker kandung kemih.Infeksi yang disebabkan oleh Clonorchis yang menyebabkan kanker pancreas dan saluran empedu.Helicobacter pylori yang menyebabkan lambung. 
  6. Faktor perilaku misalnya perilaku merokok, minuman beralkhohol, makanan berlemak dan perilaku seksual ( melakukan hubungan intim di usia dini dan sering berganti- ganti pasangan)
  7. Faktor kejiwaan. Stres yang berat dapat menyebabkan gangguan keseimbangan seluler tubuh. Keadaan yang tegang terus menerus dapat mempengaruhi sel, sel menjadi hiperaktif dan berubah sifat menjadi ganas sehingga menyebabkan kanker. 
  8. Gangguan keseimbangan hormonal. Hormon estrogen berfungsi merangsang pertumbuhan sel yang cenderung menyebabkan kanker. Kelebihan hormon estrogen dan kekurangan progestero menyebabkan kanker payudara, kanker leher rahim, kanker rahim,kanker prostat dan kanker testis pada pria.
  9.  Radikal bebas adalah suatu atom, gugus atom atau molekul yang mempunyai electron bebas yang tidak berpasangan di lingkaran luarnya. Radikal bebas masuk ke dalam tubuh dalam bentuk racun-racun kimiawi dari makanan, minuman, udara yang terpolusi, dan sinar ultraviolet dari matahari yang bisa menyebabkan kanker.
Begitu banyaknya faktor penyebab terjadinya kanker, untuk itu  marilah kita  biasakan hidup sehat agar kita terhindar dari risiko terjadinya penyakit kanker ini.

2 komentar:

  1. Artikel yang bermanfaat, salam dari Pelita Terang

    BalasHapus
  2. terimakasih banyak, sangat membantu sekali informasinya...

    BalasHapus

Blog ini DOFOLLOW.Tuliskan komentar Anda, Anda akan mendapat backlink secara langsung.