Sabtu, 24 September 2011

JENIS- JENIS KANKER

 Apa sebenarnya penyakit kanker itu? Dan apa saja jenis- jenis kanker itu?
Kanker adalah penyakit yang disebabkan sel- sel tubuh kita tidak terkendali dan menyebabkan masalah pada bagian tubuh lainnya. Kelainan sel menyerang jaringan yang ada di dekatnya, dan berpindah ke jaringan lainnya melalui darah ( metastasis).
Orang awam biasanya sulit membedakan antara tumor dan kanker. Sesungguhnya, tumor ada dua macam, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak hanya tumbuh dan membesar, tidak terlalu berbahaya dan tidak menyebar ke luar jaringan. Sebagian besar kanker memang menbentuk tumor, tetapi  ada juga yang tidak seperti leukemia.  Sedangkan tumor ganas adalah kanker yang tumbuh dengan cepat dan tidak terkendali dan merusak jaringan lainnya. Lalu apa saja jenis- jenis kanker tersebut? Berikut ini akan dijelaskan secara mendetail tentang jenis- jenis kanker.
Jenis- jenis kanker
  1.  Karsinoma adalah jenis kanker yang berasal dari sel yang melapisi permukaan tubuh atau permukaan saluran tubuh, misalnya jaringan seperti sel kulit, testis, ovarium, sel melanin, payudara, kelenjar mucus,leher rahim, kolon, lambung,pancreas, rectum, dan esophagus.  
  2.  Limfoma adalah jenis kanker yang berasal dari jaringan yang membentuk darah, misalnya jaringan limfe, lacteal, limfa, berbagai kelenjar limfe,timus dan sumsum tulang. Limfoma spesifik antara lain adalah penyakit Hodgkin ( kanker kelenjar limfe dan limfa ). 
  3. Leukemia adalah  jenis kanker yang tidak membentuk massa tumor, tetapi memenuhi pembuluh darah dan mengganggu fungsi sel darah normal. 
  4. Glioma  adalah kanker susunan saraf, misalnya sel- sel glia (jaringan penunjang)  di susunan saraf pusat. 
  5. Karsinoma in situ adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan sel epitel abnormal yang masih terbatas di daerah tertentu sehingga masih dianggap kelainan / luka yang belum menyebar. 
  6. Sarkoma adalah jenis kanker di mana jaringan penunjang yang berada di permukaan  tubuh seperti jaringan ikat, termasuk sel- sel yang ditemukan di otot dan tulang.
      Hingga saat ini kanker tergolong penyakit yang sangat ditakuti manusia karena belum ada obat yang terbukti ampuh untuk menyembuhkan penyakit ini.  Untuk mengetahui ciri- ciri kanker atau mendeteksi kanker sejak dini, simak artikel selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini DOFOLLOW.Tuliskan komentar Anda, Anda akan mendapat backlink secara langsung.