Senin, 26 September 2011

MENGENALI GEJALA KANKER

Apakah anda telah mengenali gejala kanker?
Bagi masyarakat modern, kanker memang merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti.  Penyebab kanker  belum bisa diketahui secara pasti. Namun ada factor genetic dan factor lingkungan yang dapat menyebabkan kanker. Apakah ada di antara  saudara  Anda yang memiliki riwayat kanker ?  Setiap orang mungkin saja berpotensi terkena penyakit kanker, untuk itu kita harus mengenali  gejala  kanker. Ingin tahu apa saja gejala kanker itu? Simak uraian berikut ini.
Gejala kanker secara khusus berdasarkan jenis kanker antara lain sebagai berikut:
  1.  Kanker  Payudara. Adanya benjolan , perubahan bentuk, pene, penebalan kulit ( tickening), gatal- gatal, kemerahan, rasa sakit yang tidak berhubungan dengan menyusui atau mentruasi.
  2.  Kanker  Rahim ( uterus). Pendarahan pada periode- periode dating bulan, mengeluarkan darah pada saat haid yang tidak seperti biasanya dan rasa sakit yang luar biasa.
  3.  Kanker Otak. Sakit kepala yang  sangat pada pagi hari dan berkurang pada tengah hari, epilepsy, lemah, mati rasa pada lengan dan kaki, kesulitan berjalan, mengantuk, perubahan pada kepribadian, perubahan pada ingatan, sulit bicara.
  4.  Kanker Indung Telur ( ovarium). Pada fase lanjut barulah muncul gejala.
  5.  Kanker Mulut.  Terdapat sariawan pada mulut, lidah dan gusi yang tidak kunjung sembuh.
  6.  Kanker  Tenggorokan. Batuk terus – menerus, diiringi suara serak atau parau
  7. Kanker paru- paru. Rasa sakit di dada, dahak bercampur darah, batuk terus- menerus.
  8. Kanker saluran pencernaan . Adanya darah dalam kotoran yang ditandai dengan warna merah terng atau hitam, perut terasa sakit terus- menerus, benjolan pada perut, rasa sakit setelah makan, dan penurunan berat badan.
  9.  Kanker kolon. Ada darah pada kotoran, pendarahan pada rectum, perubahan  buang air besar ( diare yang terus menerus atau sulit buang air besar).
  10.  Kanker kandung kemih. Ada darah pada air seni, terasa sakit saat buang air kecil, sering atau kesulitan buang air kecil, sakit pada kandung kemih. 
  11. Kanker testis. Adanya benjolan pada buah zakar, ukuran penampungan pada buah zakar yang membesar dan menebal secara  mendadak, sakit pada perut bagian bawah, dada membesar atau melembek.
  12.  Kanker prostat. Rasa sakit yang terus menerus pada pinggang belakang, penis dan paha atas, kencing tidak lancer.
  13.  Leukemia. Pucat, kelelahan kronis, penurunan berat badan, sering kena infeksi, mudah terluka, rasa sakit pada tulang dan persendian, mimisan.
  14.  Limfoma. Kelenjar getah bening membesar, kenyal seperti karet, gatal- gatal, berkeringat pada waktu tidur malam, demam, penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.
  15.  Kanker kulit. Adanya benjolan pada kulit yang menyerupai kutil, infeksi yang tak lekas sembuh, rasa sakit pada daerah tertentu, perubahan warna kulit berupa bercak- bercak, bintik- bintik berubah warna dan ukuran. 
Waspadalah  dengan penyakit kanker ini! Bila Anda menemukan gejala-gejala kanker tersebut, segeralah berkonsultasi   dengan petugas kesehatan atau dokter yang berkompeten  agar  penyakit kanker ini cepat teratasi dan disembuhkan.

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Blog ini DOFOLLOW.Tuliskan komentar Anda, Anda akan mendapat backlink secara langsung.