Kamis, 08 September 2011

STROBERI SEBAGAI OBAT JERAWAT ALAMI

Taukah Anda dengan buah ini? Buah stroberi ini bisa sebagai obat jerawat lho... Ingin tau tentang manfaat buah ini simak uraian berikut ini!
Stroberi adalah buah merah yang cantik dan menggoda. Rasanya yang manis dan sedikit masam membuat banyak digemari. Buah berbintik hitam ini baik bagi kesehatan, dapat  mencegah penyakit jantung, menyehatkan otak, mencegah kanker dan menyembuhkan jerawat.
Stroberi,  buah mungil berwarna merah ini tidak hanya  cocok dimakan bersama roti, yogurth atau dijadikan hiasan cake. Di luar negeri, tepatnya di Amerika Serikat, sekitar 94% rumah tangga mengkonsumsi stroberi segar sebagai camilan atau salad. Anak-anak pun gemar memilih stroberi ini sebagai buah terfavorit. Bahkan menurut penelitian, kalori dalam buah ini sangat kecil.


Satu gelas potongan straberi atau delapan buah stroberi hanya mengandung 50 kalori dan tidak mengandung kolesterol. Tak heran jika stroberi menjadi camilan ataupun pelengkap makanan yang sehat. Jumlah yang sama juga memberikan 30 mikrogram (ug), asam folat. Ini setara dengan 7,5 persen kebutuhan asam folat harian untuk ibu hamil, yakni 400 ug.  Asam folat ini penting untuk mencegah cacat tabung syaraf pada janin.
Stroberi mengandung 94 mg vitamin C. Banyak manfaat dari mengonsumsi vitamin C, antara lain menjaga gigi dan gusi pada anak- anak agar tetap sehat, menyembuhkan luka,  meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi, dan sebagai antioksidan yang dapat mengurangi risiko kanker.

Stroberi dapat menurunkan tekanan darah karena mengandung potassium. Karena satu gelas stroberi mengandung sekitar 270 miligram potassium. Jumlah yang sama juga menyumbang sekitar 4 gram serat yang membantu menyehatkan saluran pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol darah.
Stroberi juga mengandung senyawa fitokimia  yang bermanfaat, yakni asam ellagik, kuerseti, kaemferol,asam fenolat dan antosianin.  senyawa ini dapat mencegah penggumpalan darah, salah satu penyebab orang kena serangan jantung.


1. Stroberi bisa dijadikan sebagai obat jerawat alami. Hampir semua obat jerawat yang dijual di pasaran mengandung asam salisilat yang banyak dikandung stroberi. Karena itu, penggunaan masker stroberi sangat bermanfaat. Caranya : Haluskan stroberi, campur dengan sedikit yogurth, oleskan di wajah, diamkan selama kurang lebih 15 menit.
2. Stroberi kaya vitamin C, dan tingkat keasaman vitamin C-nya aman untuk lambung.
3. Mengonsumsi satu cangkir stroberi setiap hari bisa menurunkan resiko berbagai jenis kanker. Diantaranya kanker leher rahim, payudara, colon, dan tenggorokan.
4. Stroberi berkhasiat meningkatkan kekuatan otak dan menjaga penglihatan tetap jernih. Manfaat itu bisa didapat jika anda secara rutin mengonsumsi stroberi, paling tidak satu sampai tiga cangkir.
5. Stroberi juga berguna untuk memutihkan gigi. Dari pada  menggunakan bahan kimia sebagai pemutih, lebih baik anda mengunyah stroberi setiap hari. Selain gigi menjadi putih, bau mulut pun akan hilang.
6. Kandungan stroberi juga bermanfaat untuk haluskan kulit tubuh, karena mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Cobalah berendam dalam potongan buah stroberi, campur susu dan minyak zaitun. Gosok ke seluruh badan anda, lihat hasilnya. Jika rutin dilakukan, kulit akan menjadi lebih halus, tidak kusam, dan tumit kaki tidak akan pecah-pecah.
Begitu banyaknya manfaat stroberi, tidak salah kalau Anda mengkonsomsi buah ini setiap hari.

0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini DOFOLLOW.Tuliskan komentar Anda, Anda akan mendapat backlink secara langsung.