Senin, 03 Oktober 2011

PENCEGAHAN PENYAKIT KANKER

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Karena itu sebelum terlambat sebaiknya kita melakukan upaya pencegahan  agar terhindar dari kanker yang mematikan. Berikut ini upaya untuk melakukan pencegahan penyakit kanker :
  1. Berolahraga secara teratur. Berolahraga secara rutin sangat  dianjur olehn ahli kesehatan dantelah dibuktikan oleh beberpa penelitian sebagai salah satu cara mencegah penyakit kanker. Beberpa studi menemukan, orang yang berolah raga secara teratur akan memiliki resiko rendah  terhadap kanker payudara dan kanker kolon. Aktivitas fisik akan menjaga hormone seksual tetap berada pada ambang batas yang baik. Seperti kita ketahui, kebanyakan kanker muncul berkaitan dengan gangguan pada hormone seksual. Olahraga juga dapat menekan kadar hormone insulin agar tidak berlebihan. Hal ini akan mengurangi risiko menderita kanker.
  2.  Mengatur pola makan yang sehat . Hindari  makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya, kotor ( mengandung virus  atau bakteri,berlemak ( menyebabkan obesitas) , yang  mengandung alcohol, juga pengawet.Hindari merokok karena rokok merupakan factor lingkungan penyebab utama penyakit kanker paru- paru.Biasakan  mengonsumsi buah dan sayur yang seimbang tiap hari untuk mencegah kanker.
  3. Gaya hidup yang sehat. Hindari strees, bekerja tanpa n istirahat, menggunakan alat –alat yang menghasilkan radiasi seperti  ponsel dan computer secara berlebihan, jangan biarkan terkena radiasi sinar matahari, menghisap terlalu banyak gas pulutan, serta berhubungan seks dengan  pasangan yang berganti- ganti merupakan gaya hidup tak sehat yang dapat mempertinggi risiko kanker.
Waspadai kanker dengan membiasakan diri hidup sehat, berolahraga  secara teratur, dan mengatur pola   makan yang sehat agar kita terbebas dari kanker.

0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini DOFOLLOW.Tuliskan komentar Anda, Anda akan mendapat backlink secara langsung.