Selasa, 08 November 2011

ARTIKULASI

Artikulasi merupakan metode pembelajaran yang menuntut aktif dalam pembelajaran di mana siswa membentuk kelompok berpasangan, kemudian seorang menceritakan materi yang disampaikan oleh guru dan yang lain sebagai pendengar setelah itu berganti peran.

Metode Pembelajaran Artikulasi prosesnya seperti pesan berantai, artinya apa yang telah diberikan guru, siswa harus dapat meneruskan atau menjelaskan kepada siswa yang lainnya  (pasangan kelompoknya) Dalam pembelajaran ini siswa dituntut mampu berperan sebagai penerima pesan sekaligus berperan sebagai penyampai pesan.

Langkah-langkah:
  1. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
  2. Guru menyajikan materi sebagaimana biasa.
  3. Untuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang.
  4. Suruhlah seorang dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar sambil membuat catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya.
  5. Suruh siswa secara bergiliran/ diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman pasangannya, sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya.
  6. Guru mengulangi / menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa.
  7. Kesimpulan/ penutup.
Kelebihan:
  1. Semua siswa terlibat (mendapat peran).
  2. Melatih kesiapan siswa.
  3. Melatih daya serap pemahaman dari orang lain.
Kekurangan:
  1. Untuk mata pelajaran tertentu.
  2. Waktu yang dibutuhkan banyak.
  3. Materi yang didapat sedikit.
Demikianlah uraian tentang metode Artikulasi semoga artikel ini menjadi sumber inpirasi bagi para pendidik untuk selalu meningkatkan mutu pengajaran sehingga pembelajaran yang dirancang dapat lebih bervariatif, lebih bermakna, menantang sekaligus menyenangkan.


1 komentar:

  1. Bagi referensi buku tentang artikulasi ini ya mbk.. susah bgt saya dpet buku yg ada kelemahan n kelebihan dr artikulasi ini.
    Mohon dibalas segera ya mbk,karna ini utk bahan skripsi saya.
    sebelumnya terima kasih ^_^

    BalasHapus

Blog ini DOFOLLOW.Tuliskan komentar Anda, Anda akan mendapat backlink secara langsung.