Sabtu, 19 November 2011

CONCEPT SENTENCE

Concept Sentence merupakan pembelajaran dimana siswa dibentuk kelompok heterogen dan membuat kalimat dengan minimal 4 kata kunci sesuai materi yang disajikan.

Langkah-langkah pembelajaran concept Sentence
  1. Guru menyampaikan tujuan.
  2. Guru menyajikan materi secukupnya.
  3. Guru membentuk kelompok yang anggotanya kurang lebih 4 orang secara heterogen.
  4. Menyajikan beberapa kata kunci sesuai materi/ tpk yang disajikan.
  5. Tiap kelompok disuruh membuat beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4 kata kunci setiap kalimat.
  6. Hasil diskusi kelompok didiskusikan lagi secara pleno yang dipandu guru.
  7. Kesimpulan.
Kelebihan:
1. Lebih memahami kata kunci dari materi pokok pelajaran.
2. Siswa yang lebih pandai mengajari siswa yang kurang pandai.
Kekurangan:
1. Hanya untuk mata pelajaran tertentu.
2. Untuk yang pasif mengambil jawaban dari temannya.

Demikianlah uraian tentang metode Concept Sentence ,semoga artikel ini menjadi sumber inpirasi bagi para pendidik untuk selalu meningkatkan mutu pengajaran sehingga pembelajaran yang dirancang dapat lebih bervariatif, lebih bermakna, menantang sekaligus menyenangkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini DOFOLLOW.Tuliskan komentar Anda, Anda akan mendapat backlink secara langsung.