Sabtu, 05 November 2011

SCRAMBLE

Scramble merupakan metode pembelajaran dengan membagikan lembar jawaban yang harus diisi siswa. Metode pembelajaran Scramble tampak seperti Metode Pembelajaran Word Square, bedanya jawaban soal tidak dituliskan di dalam kotak-kotak jawaban, tetapi sudah dituliskan namun dengan susunan yang acak, nah siswa nanti bertugas mengkoreksi ( membolak-balik huruf ) jawaban tersebut sehingga menjadi jawaban yang tepat/benar.

Media :
  1. Buatlah pertanyaan yang sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
  2. Buat jawaban yang diacak hurufnya

Langkah-langkah pembelajarannya sebagai berikut :
  1. Guru menyajikan materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai.
  2. Guru membagikan lembar kerja dengan jawaban yang diacak hurufnya.

Kelebihan:
  1. Memudahkan mencari jawaban.
  2. Mendorong siswa untuk belajar mengerjakan soal tersebut.

Kekurangan:
  1. Siswa kurang berpikir kritis.
  2. Bisa saja mencontek jawaban teman lain.

Contoh Metode pembelajaran Scramble mata palajaran IPS
Susunlah huruf-huruf pada kolom B sehingga merupakan kata kunci (jawaban) dari pertanyaan pada kolom A!

Kolom A
  1. Sebelum mengenal uang orang melakukan pertukaran dengan cara …
  2. . … digunakan sebagai alat pembayaran yang sah
  3. Uang … saat ini banyak dipalsukan
  4. Nilai bahan pembuatan uang disebut nilai …
  5. Kemampuan uang untuk ditukar dengan sejumlah barang atau jasa disebut nilai …
  6. Nilai perbandingan uang dalam negeri dengan mata uang asing disebut …
  7. Nilai yang tertulis pada uang disebut nilai …
  8. dorongan seseorang menyimpan uang untuk keperluan jual beli disebut …
  9. perintah tertulis dari seseorang yang mempunyai rekening di bank untuk membayar sejumlah uang disebut …

Kolom B
  1. TARREB........ ( jawaban yang benar...BARTER )
  2. GANU ………
  3. TRASEK ……
  4. KISTRINI …..
  5. LIRI ………....
  6. SRUK ……….
  7. MINALON ….
  8. SAKSITRAN …
  9. KEC …………

Demikianlah uraian tentang Metode  pembelajaran Scramble semoga artikel ini menjadi sumber inspirasi para pendidik untuk selalu meningkatkan mutu pengajaran sehingga pembelajaran yang dirancang Bapak/Ibu Guru dapat lebih bervariatif, lebih bermakna, menantang sekaligus menyenangkan.



1 komentar:

  1. penjelasan tentang teknik pembelajaran yang umum dan tetap dapat dipakai kapanpun :)
    plus minus mah wajar aja, tinggal pengajarnya aja yg harus bisa improve atau mengkombinasikan dengan kondisinya :)

    BalasHapus

Blog ini DOFOLLOW.Tuliskan komentar Anda, Anda akan mendapat backlink secara langsung.