Kamis, 27 Oktober 2011

MACAM- MACAM METODE PEMBELAJARAN

Metode adalah cara yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas, sebagai upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Pembelajaran merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu.

Bagi guru metode pembelajaran menempati urutan kedua setelah penguasaan materi. Penguasaan materi dan metode sebenarnya tidak bisa dipisahkan. Penguasaan materi merupakan langkah utama yang membuat guru harus banyak membaca, menulis, berdiskusi dan mempertajam analisis. Metode adalah cara menyajikan materi yang dikemas lebih menarik, memikat, menyenangkan, mudah dipahami dan siswa tidak bosan ketika belajar di kelas. Agar pembelajaran tidak membosankan , maka guru perlu mengetahui tentang bermacam macam metode pembelajaran sehingga dapat menggunakan metode yang bervariasi dalam pembelajaran di kelas.

  1. Metode ceramah yaitu metode yang sering dipakai sebagai alat komunikasi lisan antara guru dan siswa dalam interaksi edukatif.
  2. Metode Word Square adalah metode yang memberi  kesempatan kepada siswa untuk menjawab soal dengan mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban.
  3. Metode Scramble adalah metode yang member kesempatan kepada siswa untuk menjodohkan dua peryataan dengan menyusun huruf acak menjadi kunci jawaban.
  4. Metode Talking Stick adalah metode yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca buku setelah itu guru memberikan tongkat yang diputar dan memberi pertanyaan, siswa yang memegang tongkat harus menjawab pertanyaan.
  5. Metode cooperative script atau skrip kooperatif adalah salah satu metode dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan, untuk mengikhtisarkan bagian- bagian dari materi yang dipelajari.
  6. Metode snowball throwing adalah metode yang memberikan kesempatan untuk melatih siswa untuk lebih tanggap menerima pesan dari orang lain, dan menyampaikan pesan tersebut kepada temannya dalam satu kelompok dan  membuat pertanyaan dalam kertas kemudian kertas dibuat seperti bola lalu diputar selama 15 menit setelah itu siswa diminta menjawab pertanyaan tersebut.
  7. Metode course Review Horay adalah metode dengan membacakan soal secara acak dan siswa menulis jawaban dalam kotak yang nomornya disebutkan oleh guru bila semua jawaban benar harus berteriak horay.
  8. Metode diskusi merupakan metode yang sering dipakai sebagai alternative jawaban untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan materi pelajaran.
  9. Metode Eksperimen adalah metode pemberian kesempatan kepada siswa baik individu maupun kelompok untuk dilatih melakukan suatu proses atau percobaan.
  10. Metode proyek adalah suatu cara mengajar yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggunakan unit – unit kehidupan sehari- hari sebagai bahan pengajarannya, sehingga siswa tertarik untuk belajar.
  11. Metode pemberian tugas dan resitasi yakni metode dengan menugaskan siswa untuk membaca buku lebih dari satu buku untuk dibandingkan atau diberi tugas mengamati masyarakat setelah membaca buku itu.
  12. Metode keliling kelompok adalah metode yang bertujuan agar masing- masing anggota kelompok mendapat kesempatan untuk memberikan kontribusi mereka dan mendengarkan pandangan serta pemikiran anggota lainnya.
  13. Metode tebak kata yaitu metode yang dipakai dengan permainan tebak kata yang pertanyaan dan jawabannya sudah dipersiapkan oleh guru dalam kartu.
  14. Metode bertukar pasangan adalah metode yang memberi kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan tugas secara berpasangan kemudian bertukar pasangan untuk mencari kepastian jawaban.
  15. Metode Make a match yaitu metode yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencari pasangan sesuai dengan pertanyaan dan jawaban yang dibuat dalam kartu.
  16. Metode Think Pair and Share yaitu metode yang member kesempatan siswa secara berpasangan untuk mengutarakan hasil pemikirannya masing- masing lalu guru memimpin siding pleno kecil untuk berdiskusi dan tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya.
  17. Metode Mind Mapping. Metode ini cocok digunakan sebagai pengetahuan awal siswa atau untuk menemukan alternative jawaban sebuah soal.
  18. Metode Artikulasi yaitu metode yang memberikan kesempatan kepada siswa secara berpasangan, salah satu siswa memjelaskan materi siswa yang satunya mendengar sambil mencatat yang penting lalu berganti peran.
  19. Metode Jigsaw Yaitu metode yang memberi kesempatan kepada siswa menjadi tim ahli yang bisa menjelaskan materi yang telah didiskusikan kepada kelompok lain.
  20. Metode Numbered Head Together yaitu metode yang menggunakan kepala bernomor dengan tugas yang berbeda.
  21. Metode Latihan yaitu cara mengajar untuk menanamkan kebiasaan- kebiasaan tertentu.
Macam- macam metode di atas bisa dipilih oleh guru untuk menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Sebenarnya masih banyak lagi macam- macam metode pembelajaran selain yang diuraikan di atas. Moga artikel ini dapat menggugah hati para pendidik untuk meningkatkan kinerjanya sebagai seorang pendidik yang makin propesional.

0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini DOFOLLOW.Tuliskan komentar Anda, Anda akan mendapat backlink secara langsung.