Sabtu, 29 Oktober 2011

MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran juga penting diketahui untuk melengkapi kemampuan guru dalam proses belajar mengajar . Tidak hanya strategi dan metode pembelajaran saja yang harus dikuasai oleh seorang pendidik. Ada beberapa model pembelajaran yang menarik yang akan diuraikan berikut ini

Macam- macam model pembelajaran
  1. CTL ( Contextual Teaching and Learning ) adalah suatu proses pendidikan yang bertujuan untuk membantu siswa dalam memahami makna yang ada pada bahan ajar, dengan menghubungkan pelajaran dalam konteks kehidupan sehari- harinya dengan konteks kehidupan pribadi, social, dan cultural. Untuk mencapai tujuan, system ini mencakup beberapa komponen yaitu membuat hubungan yang bermakna, melahirkan hubungan yang signifikan, belajar sendiri secara teratur, kolaborasi, berpikir kritis dan kreatif, mencapai standar yang tinggi, dan menggunakan penilaian yang otentik.
  2. Pendekatan ketrampilan proses. Pembelajaran menggunakan pendekatan ketrampilan proses merupakan proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa, sehingga siswa dapat menemukan fakta- fakta dan membangun konsep- konsep serta teori- teori, dengan ketrampilan proses dan sikap ilmiah yang dimiliki siswa itu sendiri.
  3. PAKEM ( Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan menyenangkan) adalah sebuah pendekatan yang memungkinkan peserta didik mengerjakan kegiatan beragam untuk mengembangkan ketrampilan, sikap dan pemahamannya dengan penekanan belajar sambil bekerja. Sementara guru menggunakan berbagai sumber dan alat bantu belajar, termasuk pemanfaatan lingkungan supaya pembelajaran menarik, menyenangkan, dan efektif. Aktif maksudnya bahwa dalam proses pembelajaran, guru harus bisa menciptakan suasana sedemikian rupa, sehingga siswa aktif bertanya, mengemukakan pendapat dan menyanggah atau menanggapai pendapat orang lain. Kreatif dimaksudkan agar guru menciptakan kegiatan belajar yang beragam, sehingga memenuhi berbagai tingkat kemampuan siswa. Efektif berarti proses pembelajaran tersebut bermakna bagi siswa dan mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal. Menyenangkan artinya Membuat suasana belajar mengajar yang menyenangkan, sehingga siswa memusatkan perhatiannya secara penuh pada pelajaran.
  4. PAIKEM ( Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) Sama halnya dengan PAKEM, namun ada satu Sebagai tambahannya yaitu Inovatif. Istilah Aktif maksudnya pembelajaran adalah sebuah proses aktif membangun makna dan pemahaman dari informasi, ilmu pengetahuan, maupun pengalaman peserta didik sendiri. Inovatif, maksudnya dalam proses pembelajaran diharapkan muncul ide- ide daru atau inovasi- inovasi positif yang lebih baik. Kreatif artinya bahwa pembelajaran merupakan sebuah proses mengembangkan kreatifitas peserta didik, karena pada dasarnya setiap individu memiliki imajinasi dan rasa ingin tahu yang tidak pernah berhenti. Efektif berarti bahwa model pembelajaran apapun yang dipilih harus menjamin bahwa tujuan pembelajaran akan tercapai secara maksimal. Menyenangkan artinya bahwa proses pembelajaran harus berlangsung dalam suasana menyenangkan dan mengesankan.

Sebenarnya selain model pembelajaran yang diuraikan di atas masih banyak lagi. Namun dari sedikit yang bisa diuraikan ini setidaknya bisa memotivasi para pendidik sebagai manajer, fasilitator, motivator, Inspirator, dan tranformator yang kuat untuk secara terus menerus mengembangkan diri dan meningkatkan profesionalitasnya.


0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini DOFOLLOW.Tuliskan komentar Anda, Anda akan mendapat backlink secara langsung.