Jumat, 28 Oktober 2011

METODE MAKE A MATCH

Metode Make a Match merupakan salah satu metode yang dipakai oleh guru dalam pembelajaran agar siswa lebih aktif,antusias dan tertarik untuk belajar. Metode Make a Match sering dikenal dengan metode mencari pasangan. Setiap siswa harus menemukan pasangan dengan mencocokan kartu yang di pegang berupa soal dan jawaban, bagi siswa yang menemukan pasangannya sebelum waktu yang ditentukan habis dan benar pasangan maka mendapatkan point. Untuk lebih detailnya berikut ini akan diuraikan langkah- langkah metode Make a Match.

Langkah- langkah Metode Make a Match
  1. Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topic, yang cocok untuk sesi review. Sebagaian kartu berisi soal dan bagian lainnya berisi jawaban.
  2. Setiap siswa mendapat satu buah kartu
  3. Setiap memikirkan jawaban/ soal dari kartu yang dipegangnya.
  4. Setiap siswa mencari pasangan yang cocok dengan kartunya ( kartu soal dengan kartu jawaban)
  5. Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu, diberi poin.
  6. Setelah satu babak, kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya, demikian seterusnya.
  7. Siswa diminta untuk membuat kesimpulan dari kegiatan yang baru saja dilakukannya
  8. Guru menutup pelajaran.

Pernahkah Anda mencoba metode ini?  Moga artikel ini berguna bagi para pendidik di nama pun Anda berada, untuk meningkatkan mutu pengajaran di kelas sekaligus meningkatkan mutu pendidikan nasional.




0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini DOFOLLOW.Tuliskan komentar Anda, Anda akan mendapat backlink secara langsung.