Rabu, 26 Oktober 2011

STRATEGI PEMBELAJARAN

Apakah sebenarnya Strategi Pembelajaran itu?
Secara umum, strategi dapat diartikan sebagai suatu garis- garis besar haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan. Bila dihubungkan dengan strategi belajar mengajar, strategi bisa diartikan sebagai pola- pola umum kegiatan guru dan siswa dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar.

Strategi pembelajaran merupakan bagian dari keseluruhan komponen pembelajaran. Strategi pembelajaran berhubungan dengan cara- cara yang dipilih guru untuk menyampaikan materi pelajaran. Cara – cara tersebut menyangkut sifat- sifat ruang lingkup dan urutan kegiatan yang memberikan pengalaman belajar bagi siswa. Dari uraian tersebut dapat ditarikkesimpulan bahwa strategi pembelajaran adalah cara- cara yang dipilih oleh guru dalam proses pembelajaran yang dapat memberikan kemudahan atau fasilitas bagi siswa menuju tercapainya tujuan pembelajaran.
Selain itu strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai serangkaian dan keseluruhan tindakan strategis guru dalam merealisasikan perwujudan kegiatan pembelajaran actual yang efektif dan efesien untuk pencapaian tujuan pembelajaran.

Ada empat strategi dasar dalam proses belajar mengajar diantaranya adalah :
  1. Mengidentifikasi serta menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku dan kepribadian anak didik sebagaimana yang diharapkan.
  2. Memilih system pendekatan belajar mengajar berdasarkan aspirasi dan pandangan hidup masyarakat.
  3. Memilih dan menetapkan prosedur, metode, dan teknik belajar mengajar yang dianggap paling tepat dan efektif, sehingga dapat dijadikan pegangan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan mengajarnya.
  4. Menetapkan norma- norma dan batas minimal keberhasilan, atau criteria serta standar keberhasilan, sehingga dapat dijadikan pedoman guru dalam melakukan evaluasi hasil kegiatan belajar mengajar yang selanjutnya dijadikan umpan balik untuk menyempurnakan system instruksional yang bersangkutan secara keseluruhan

Sudahkah Anda ( Khususnya guru ) menggunakan strategi pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran?



1 komentar:

Blog ini DOFOLLOW.Tuliskan komentar Anda, Anda akan mendapat backlink secara langsung.